Analisis Pemanfaatan Media Sosial Youtube dalam Pembentukan Karakter dan Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar

Penulis

  • Muhammad Emir Muhaimin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ayu Fitri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aang Solahudin Anwar Universitas Buana Perjuangan Karawang

Kata Kunci:

Guru, educational value

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial youtube dalam pembentukan karaker dan kreativitas siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI dan seorang guru kelas VI di Sekolah Dasar. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam metode wawancara, dilakukan oleh dua responden yaitu 1 siswa kelas VI dan seorang guru kelas VI di Sekolah Dasar. Pemanfaatan media social youtube dalam proses pembelajaran akan menggeser pembelajaran yang membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa respon siswa yang sangat antusias saat belajar dengan memanfaatkan media social youtube sebagai sumber belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara bersama guru dan siswa, maka dapat disimpulkan banyaknya siswa yang menyukai pembelajaran dengan menggunakan media social youtube dibandingkan belajar dengan metode ceramah yang cenderung membuat siswa mudah merasa jenuh pada saat pembelajaran dan juga guru pun merasa lebih mudah menjelaskan materi kepada siswa.

Unduhan

Diterbitkan

28-12-2023

Cara Mengutip

Emir Muhaimin, M., Isyanto, P., Fitri, A., & Solahudin Anwar, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Youtube dalam Pembentukan Karakter dan Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Karawang, 1(02), 89–96. Diambil dari https://jika.karawangkab.go.id/index.php/jika/article/view/40

Terbitan

Bagian

Artikel