Identifikasi Bahasa Pedagang Kaki Lima dalam Transaksi Jual Beli di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati proses interaksi jual beli yag dilakukan oleh para pedagang kaki lima di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. untuk mengetahui bahasa yang digunakan pedagang ketika melakukan interaksi jual beli.. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Obyek penelitian ini adalah para pedagang kaki lima di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, lembar angket, dan dokumentasi. Hasil analisis berdasarkan observasi, wawancara, dan angket menunjukkan penggunaan Bahasa pedagang kaki lima di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang menggunakan ragam bahasa santai. Faktor yang mempengaruhi ragam bahasa pada pedagang kaki lima dalam transaksi jual beli di SMPIT AL Irsyad Al Islamiyyah Karawang adalah faktor usia dan faktor sosiokultural.
Kata kunci: Bahasa, Pedagang, Jual beli
The purpose of this research is to observe the buying and selling interaction process carried out by street vendors at SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. to find out the language used by traders when carrying out buying and selling interactions. The research method used is qualitative research with a descriptive approach. The objects of this research are street vendors at SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. The research instruments used include observation sheets, interview guides, questionnaires and documentation. The results of the analysis based on observations, interviews and questionnaires show that the language used by street vendors at SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang uses a variety of casual languages. Factors that influence the language variety of street vendors in buying and selling transactions at SMPIT AL Irsyad Al Islamiyyah Karawang are age and sociocultural factors.
Keywords: Language, Traders, Buying and selling