Penerapan Media Permainan Puzzle Berbasis IT untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Masa Pandemi

Penulis

  • Yulia Alawiyah Al Irsyad Al Islamiyyah

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Puzzle, Kognitif, Anak Usia Dini

Abstrak

Bermain adalah salah satu ciri khas dari anak usia dini sehingga pembelajaranpun harus dilakukan dengan cara bermain. Pandemic covid 19 yang melanda dunia tidak menghalangi mereka untuk belajar sambil bermain. Dengan menggunakan media IT guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kognisi anak usia dini dengan menggunakan media permainan puzzle berbasis IT di masa pandemic. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis metode deskriftif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa permainan puzzle berbasis IT ini dapat meningkatkan kemampuan kognisi anak usia 5-6 tahun. Ada peningkatan kemampuan dalam memecahkan masalah sederhana, mengenal angka 1 s.d. 8, serta menghubungkan antara angka dengan huruf membentuk sebuah gambar.

Unduhan

Diterbitkan

28-12-2023

Cara Mengutip

Alawiyah, Y. (2023). Penerapan Media Permainan Puzzle Berbasis IT untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Karawang, 1(02), 75–82. Diambil dari https://jika.karawangkab.go.id/index.php/jika/article/view/48

Terbitan

Bagian

Artikel