Perkembangan Sektor Ekonomi di Kabupaten Karawang dalam Perspektif Location Quotient (LQ) dan Dynamic Location Quotient (DLQ)

Penulis

  • Arini Ratnasari Bappeda Kabupaten Karawang
  • Eka Setiawati BAPPEDA Kabupaten Karawang
  • Dwi Sukamto BAPPEDA Kabupaten Karawang

Kata Kunci:

Dynamic Location Quotient, Kabupaten Karawang, Location Quotient, PDRB

Abstrak

Perekonomian dapat menjadi salah satu indikator dalam keberhasilan pembangunan suatu daerah. Untuk mengukur sejauh mana kinerja perekonomian Kabupaten Karawang digunakan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Karawang. Agar perekonomian berkembang dengan pesat pembangunan perlu difokuskan pada sektor basis dan prospektif yang ada di Kabupaten Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sektor basis dan prospektif yang ada di Kabupaten Karawang menggunakan data time series PDRB periode 2010-2022. Metode yang digunakan yaitu Location Quotient (LQ) dan Dynamic Location Quotient (DLQ). Berdasarkan hasil penelitian, sektor basis dan prospektif Kabupaten Karawang adalah sektor Industri Pengolahan dan Sektor Pengadaan Listrik dan Gas.

Unduhan

Diterbitkan

28-12-2023

Cara Mengutip

Ratnasari, A., Setiawati, E., & Sukamto, D. (2023). Perkembangan Sektor Ekonomi di Kabupaten Karawang dalam Perspektif Location Quotient (LQ) dan Dynamic Location Quotient (DLQ). Jurnal Ilmiah Karawang, 1(02), 19–26. Diambil dari https://jika.karawangkab.go.id/index.php/jika/article/view/51

Terbitan

Bagian

Artikel