FAKTOR KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PUBLIC SPEAKING DI SMPIT AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KARAWANG

Penulis

  • Hanifah Aliyah Febriana SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang
  • Tsamara Ufairah Adzka
  • Zahra Gumayra Fahlevi
  • Tasya Khairunnisa Azzahra

Kata Kunci:

Ketidakpercayaan Diri, Public Speaking, Karawang

Abstrak

Kemampuan public speaking sangat penting dimiliki siswa karena menunjang proses pembelajaran. Namun, di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang masih banyak yang kesulitan bahkan tidak percaya diri dalam public speaking. Penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui apa saja faktor penyebab ketidakpercayaan diri siswa SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang dalam public speaking. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner angket tertutup. Hasil yang didapatkan, yaitu: 68,6% siswa merasa tidak percaya diri saat melakukan public speaking, malu ketika diminta presentasi, bahkan ada yang menganggap public speaking bukanlah skill yang penting untuk dipelajari. Sedangkan sekitar 31,4% siswa sudah berani melakukan public speaking. Adapun faktor tertinggi yang menyebabkan siswa merasa tidak percaya diri adalah sugesti negatif pada diri sendiri dengan jumlah persentase sebanyak 40%, faktor kedua adalah karena tidak memiliki kecakapan pada suatu hal dengan persentase sebanyak 25,7%, dan faktor ketiga adalah mempercayai opini orang lain di banding diri sendiri dengan persentase sebanyak 18,6% serta 11,4% memilih karena faktor yang lainnya. Dalam kasus ini, siswa, guru dan lembaga harus berkolaborasi untuk dapat menanganinya

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

Febriana, H. A., Ufairah Adzka, T., Gumayra Fahlevi, Z., & Khairunnisa Azzahra, T. (2024). FAKTOR KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PUBLIC SPEAKING DI SMPIT AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KARAWANG. Jurnal Ilmiah Karawang, 2(01), 42–49. Diambil dari https://jika.karawangkab.go.id/index.php/jika/article/view/66

Terbitan

Bagian

Makalah