Pengetahuan dan Pola Asuh yang Ibu Pilih Berhubungan dengan Kejadian Tantrum pada Anak Pra Sekolah
Kata Kunci:
Anak Pra Sekolah, Pola Asuh, TantrumAbstrak
Tempertantrum adalah suatu luapan emosi yang meledak-ledak dan tidak terkontrol dan seringkali muncul pada anak usia 4-6 tahun. Tempertantrum dicirikan dengan perilaku menangis, berteriak dan gerakan tubuh yang kasar atau agresif seperti membuang barang, berguling dilantai, membenturkan kepala dan menghentakan kaki ke lantai. Faktor yang menyebabkan terjadinya tempertantrum adalah cara orang tua dalam mengasuh anak dan pengetahuan ibu terkait tempertantrum itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dan pola asuh dengan kejadian tempertantrum pada anak pra sekolah di TK Puspasari Desa Siluman. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 responden, dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan uji statistic chi-Square. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu dengan kejadian tempertantrum pada anak pra sekolah (dengan nilai P value 0,001) serta terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kejadian tempertantrum pada anak pra sekolah (dengan nilai P value 0,009). Pengetahuan ibu terkait tantrum pada anaknya serta pemilihan pola asuh signifikan berhubungan dengan kejadian sering tantrum pada anak usia pra sekolah. Orang tua diharapkan dapat menggunakan pola asuh yang baik sesuai dengan tumbuh kembang anak dan dapat mencontohkan setiap perilaku yang baik kepada anak terutama ketika orang tua sedang marah dan kesal dengan anak.