Peran Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa
Kata Kunci:
Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, PendidikanAbstrak
Literasi merupakan salah satu kompetensi penting dalam menghadapi tantangan global abad ke-21. Gerakan Literasi (GLS) menjadi salah satu upaya strategis untuk meningkatkan kemampuan literasi di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah sampel 73 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah (GLS) memiliki dampak positif terhadap minat baca siswa melalui enam indikator minat baca yaitu kebutuhan terhadap bacaan, tindakan untuk mencari bacaan, rasa senang terhadap bacaan, ketertarikan terhadap bacaan, keinginan untuk selalu membaca, dan tindak lanjut dari apa yang dibaca menunjukkan peningkatan. Penelitian ini menekankan pentingnya implementasi GLS secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan (literasi) siswa sebagai persiapan menghadapi tantangan abad 21