Peran Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa

Penulis

  • Ayu Kartika Listiyana SMPIT AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KARAWANG
  • Lilis Haryaningsihi
  • Aleyda Nour Faiz
  • Annayra Marsha Jauzaa
  • Azzahira Putri Syahreza

Kata Kunci:

Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Pendidikan

Abstrak

Literasi merupakan salah satu kompetensi penting dalam menghadapi tantangan global abad ke-21. Gerakan Literasi (GLS) menjadi salah satu upaya strategis untuk meningkatkan kemampuan literasi di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah sampel 73 siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah (GLS) memiliki dampak positif terhadap minat baca siswa melalui enam indikator minat baca yaitu kebutuhan terhadap bacaan, tindakan untuk mencari bacaan, rasa senang terhadap bacaan, ketertarikan terhadap bacaan, keinginan untuk selalu membaca, dan tindak lanjut dari apa yang dibaca menunjukkan peningkatan.  Penelitian ini menekankan pentingnya implementasi GLS secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan (literasi) siswa sebagai persiapan menghadapi tantangan abad 21

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

Kartika Listiyana, A., Haryaningsihi, L., Nour Faiz, A., Marsha Jauzaa, A., & Putri Syahreza, A. (2024). Peran Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Ilmiah Karawang, 2(01), 25–33. Diambil dari https://jika.karawangkab.go.id/index.php/jika/article/view/87

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama