Efektivitas Minat Baca Santri SMPIT di Era Pendidikan 4.0

Penulis

  • Ayu Kartika Listiyana SMPIT AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KARAWANG
  • Muhammad Hilman Habibi SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang
  • Laela Salsabila Hidayat SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang

Kata Kunci:

Efektivitas, Minat Baca, Era Pendidikan 4.0

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana efektivitas minat baca pada santri SMPIT dalam aspek-aspek tertentu di era Pendidikan 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas VII Andalusia di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, lembar angket, dan dokumentasi. Hasil analisis berdasarkan observasi, wawancara, dan angket menunjukkan bahwa efektivitas minat baca siswa kelas VII Andalusia di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang dalam aspek kesadaran dan perhatian membaca sangat baik, sedangkan aspek rasa senang membaca cukup baik. Namun, aspek frekuensi membaca 20% dan 27% masih belum optimal dan perlu diperbaiki.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2023 — Diperbaharui pada 30-06-2023

Versi

Cara Mengutip

Kartika Listiyana, A., Hilman Habibi, M., & Salsabila Hidayat, L. (2023). Efektivitas Minat Baca Santri SMPIT di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Karawang, 1(01), 37–45. Diambil dari https://jika.karawangkab.go.id/index.php/jika/article/view/33

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama